Saturday, August 12, 2006

MAKNA SYUKUR

MySpace Layouts

MySpace Layouts



وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni`mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni`mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".( QS. Ibrahim: 7 )


Saat ini kembali rasa malu yang amat sangat menyusup di dadaku, ketika ku baca berulang-ulang salah satu isi dari surat cinta-Nya diatas

Sudahkan aku bersyukur dengan tulus terhadap apa yang semua ku miliki sekarang ???
Sudahkah Aku bersyukur terhadap Anugrah terbesar yang DIA berikan kepadaku yaitu Anugrah Islam dan Iman yang diselipkan dalam Qalbuku ???
Sudahkah…….???
Sudahkan……???
Sudahkan……???

Beribu pertanyaan menghujam diriku karena Aku sadar bahwa Syukur merupakan kualitas hati yang terpenting.Dengan bersyukur kita akan senantiasa diliputi rasa damai, tenteram, dan bahagia. Sebaliknya, perasaan tak bersyukur akan senantiasa membebani kita. Kita akan selalu merasa kurang dan tak bahagia.

Menurutku ada dua hal yang sering membuat kita lalai dalam bersyukur…

Yang pertama, kita sering memfokuskan diri pada apa yang
kita inginkan, bukan pada apa yang kita miliki.Sehingga kita lalai untuk mensyukuri apa yang kita miliki saat ini

Yang kedua, Selalu membanding-bandingkan apa yang kita miliki dengan orang lain seperti istilah yang sering kita dengar “Rumput tetangga memang sering kelihatan lebih hijau dari rumput di pekarangan sendiri.”

Ah…Rasanya Hidup akan lebih bahagia kalau kita dapat menikmati apa yang kita miliki karena Orang yang kaya bukanlah yang memiliki segala hal, tapi orang yang bisa menikmati apa yang dimilikinya dengan penuh rasa syukur


SUDAHKAH KITA BERSYUKUR HARI INI ???



وَلَقَدْ مَكَّنَّاكُمْ فِي الأَرْضِ وَجَعَلْنَا لَكُمْ فِيهَا مَعَايِشَ قَلِيلاً مَّا تَشْكُرُونَ

“Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur.” ( QS. Al-A`raaf:10 )


MySpace Layouts

MySpace Layouts

3 Komentar:

Pada 9:56 AM, Blogger FERRY ARBANIA berkata...

"Betapa zhalimnya manusia, bergelimang nikmat Allah tetapi tidak bersyukur kepada-Nya (Ibrahim: 34). Nikmat yang Allah berikan kepada manusia mencakup aspek lahir (zhaahirah) dan batin (baatinah) serta gabungan dari keduanya. Surat Ar-Rahman menyebutkan berbagai macam kenikmatan itu dan mengingatkan kepada manusia akan nikmat tersebut dengan berulang-ulang sebanyak 31 kali, “Maka nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan?” salam ukhuwah dari Sumenep madura"

 
Pada 5:52 AM, Blogger cengoo96 berkata...

"adakah caranya utk bisa menikmati yg tlh kita peroleh?"

 
Pada 6:00 AM, Blogger cengoo96 berkata...

"nikmat ada dua. 1.nikmat majazi dan 2.nikmat hakiki.
nikmat majazi, adalah nikmat yang tidak abadi, contohnya kehidupan di alam dunia...sehat ada sakitnya, muda ada tua dll, nikmat hakiki nikmat yang diberikan Allah di surga yang abadi, muda tdk tua, sehat tidak sakit.....wallohua'lam bisowab"

 

Post a Comment

<< Home